KA Argo Bromo Anggrek Anjlok di Subang, Dua Jadwal Kereta Daop 6 Yogyakarta Dibatalkan

Rangkaian KA Argo Bromo Anggrek mengalami anjlokan di Stasiun Pegadenbaru, Subang, pada 1 Agustus 2025. Akibat insiden ini, dua jadwal keberangkatan kereta api dari Daop 6 Yogyakarta dibatalkan pada 2 Agustus 2025.-ANT-
Sumut.Disway.id - Kereta Api Argo Bromo Anggrek anjlok di Emplasemen Stasiun Pegadenbaru, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat 1 Agustus 2025. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun beberapa jadwal keberangkatan terpaksa dibatalkan.
Dalam keterangan resminya, Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Ia memastikan bahwa pembatalan dua layanan, yakni KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir dan KA Manahan relasi Solo Balapan-Gambir pada Sabtu, 2 Agustus 2025, dilakukan demi keselamatan dan keamanan penumpang.
“Kami memastikan bahwa proses penanganan dan evakuasi terus berlangsung dengan mempertimbangkan keselamatan. Pembatalan ini merupakan dampak dari belum selesainya penanganan rangkaian KA Argo Bromo Anggrek di wilayah Daop 3 Cirebon,” jelas Feni.
Lebih lanjut, KAI Daop 6 menjamin hak-hak penumpang terdampak tetap terlindungi. Penumpang yang terkena dampak dapat memperoleh pengembalian bea 100% (di luar biaya pemesanan) sesuai ketentuan yang berlaku. Proses refund dan perubahan jadwal dapat dilakukan di seluruh loket stasiun serta melalui Contact Center KAI.
“Kami telah menyiapkan petugas layanan pelanggan untuk membantu proses refund maupun rebooking. Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk tetap memberikan pelayanan prima,” tambahnya.
KAI juga menyatakan bahwa para penumpang yang berada dalam KA Argo Bromo Anggrek saat insiden terjadi telah dievakuasi dengan aman dan tanpa korban jiwa. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh VP Public Relations KAI, Anne Purba, melalui situs resmi perusahaan.
“Penumpang berhasil dievakuasi dengan aman dan situasi telah tertangani dengan cepat. Prioritas kami adalah keselamatan penumpang, dan kami telah mengambil tindakan pencegahan terhadap potensi risiko lanjutan,” terang Anne.
Saat ini, PT KAI terus melakukan koordinasi lintas unit dan wilayah operasi guna memulihkan jalur operasional secepat mungkin. Sementara itu, pelanggan diimbau untuk memantau informasi terbaru melalui saluran resmi PT KAI.
Sumber: